Sabtu, 31 Mei 2008

Bersyukurlah *)

Kita wajib mensyukuri apapun yang menimpa kita dengan bersyukur menuntun kita untuk menyingkirkan sisi negatif dari hidup. Orang lain mungkin mengatakan bahwa kita tidak realistis. Namun sebenarnya sikap kita jauh lebih realistis, yaitu membebaskan diri dari kecemasan dan kesalahan.

Bersyukur mendorong kita untuk melangkah maju dengan penuh antusias dan keoptimisan. Tak ada yang meringankan hidup kita selain sikap bersyukur. Semakin banyak kita bersyukur, semakin banyak kita menerima. Semakin banyak kita mengingkari, semakin banyak kita menjejalkan beban dalam diri kita.

Kadang-kadang tanpa kita sadari kita sering mengeluh dan tidak bersyukur atas apa yang terjadi dalam diri kita. Pada kenyataannya, mengeluh memang jauh lebih mudah kita lakukan dibandingkan dengan bersyukur. Selalu saja ada hal yang kurang dalam hidup kita. Padahal apabila kita mau melihat sekitar kita, ada banyak hal- yang mungkin menyebalkan bagi kita-yang sudah seharusnya kita syukuri. Ketika kita mendapatkan masalah, kita juga harus bersyukur karena dengan masalah-masalah tersebut, kita ditempa untuk lebih dewasa.

Beberapa hal-hal kecil tersebut dan mungkin masih banyak lagi yang lain, seringkali kita keluhkan. Padahal apabila kita mau melihat secara positif, kita masih jauh lebih beruntung dibandingkan ratusan juta bahkan milyaran orang lain yang ada di dunia ini. Orang-orang yang tidak seberuntung kita saja masih bisa mensyukuri kehidupannya. Lalu bagaimana dengan kita?

Apabila kita membaca ini, seharusnya kita juga bersyukur karena kita masih memiliki kesempatan untuk membaca ini dan mencoba mensyukuri apa yang telah kita peroleh selama ini.

*) Thanks untuk CitaCinta yang mengilhami tulisan ini

Tidak ada komentar: