Sabtu, 31 Mei 2008

Tentang Psikotes

Selama ini, setiap kali ada orang yang mengetahui kalo saya kuliah di Psikologi (pada waktu saya kuliah dulu), mereka selalu meminta untuk diramal tentang kepribadiannya (mereka pikir saya peramal kali ya..). Apalagi setelah tahu kalo saya kuliah profesi, lagi-lagi saya mendapat pertanyaan bagaimana cara mengerjakan psikotes sehingga bisa diterima di perusahaan yang mereka inginkan. Atau bagaimana cara menggambar pohon yang benar, bagaimana cara menggambar orang yang benar. Selalu saja pertanyaan-pertanyaan seperti itu dan sejenisnya yang saya terima. Jujur aja, kadang bosan juga menerima pertanyaan seperti itu tapi mau gimana lagi itu kan resiko profesi (cie..). Dari berbagai macam pertanyaan yang muncul tersebut, akhirnya saya memberanikan diri untuk membuat jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut disini.

Buat teman-teman yang akan mengikuti psikotes atau yang seringkali gagal mendapatkan pekerjaan yang diinginkan karena gagal di psikotes, saya punya beberapa tips.
  1. Malam hari sebelum mengikuti psikotes, istirahat yang cukup. Gak lucu kan pas waktunya psikotes malah bangun kesiangan atau mata sembab karena kurang tidur.
  2. Sebelum psikotes, jangan lupa makan dulu. Apabila mengerjakan dalam kondisi perut lapar, pasti tidak akan bisa berkonsentrasi dan hasil yang didapat juga tidak maksimal.
  3. Jangan pernah membeli buku-buku tentang tips sukses psikotes dan lain sebagainya. buku-buku tersebut tidak akan membantu justru akan menjerumuskan. Kalo gak percaya lihat saja pengarangnya, pengarang buku-buku tersebut sebagian besar bukan seorang psikolog.
  4. Kerjakan semua tes sesuai dengan kemampuan teman-teman. Jangan pernah tergoda untuk tengak-tengok, lirik kiri, lirik kanan. Psikotes adalah salah satu cara untuk mengetahui potensi diri kita. Lha kalo tengok kiri kanan atau nyontek orang lain berarti hasilnya sama aja potensi kita plus orang lain dunk..
  5. Selama mengerjakan psikotes, jangan pernah takut salah. Dalam psikotes, gak pernah ada jawaban benar atau salah kecuali untuk tes inteligensi lho.. yang penting PD aja lah.. Selain itu juga rileks..
  6. Yang terakhir, jangan lupa berdoa memohon yang terbaik. Apapun usaha kita kalo gak disertai doa, pasti gak akan pernah maksimal.
Itulah beberapa tips dari saya yang mungkin bisa bermanfaat buat yang akan menghadapi psikotes. Kalo ada yang mungkin akan menambahkan, silakan lho..

Tidak ada komentar: